Jumat, 24 November 2017

Orientasi Pengenalan Pondok Pesantren (OP3)

darussalamkeputih.com, surabaya. 27 Agustus 2017. Acara Orientasi Pengenalan Pondok Pesantren (OP3) Ponpes Darussalam Keputih Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018. berlangsung dengan lancar dan khidmat, acara tahunan ini bertujuan untuk mengenalkan Dunia Pondok pesantren khususnya Ponpes Darussalam Keputih Surabaya kepada Santri Baru. 
beberapa agenda yang tersusun adalah ; acara pembukaan OP3 yang dibuka langsung oleh Dewan pembina/pengasuh Ponpes Darussalam Keputih Surabaya KH. Achmad Arsyad Arif dan dihadiri oleh para asatidz PPDS. usai pembukaan, maka selama 1 hari sejak pagi hingga malam hari santri baru mengikuti kegiatan tersebut. 

Rangkaian acara usai pembukaan adalah pembarian Hadiah pemenang Lomba 17 Agustus-an HUT RI Ke-72, dilanjutkan penyampaian materi tentang Profil pesantren, kurikulum pendidikan pesantren, tata tertib pesantren, Ziarah Maqbaroh Pendiri PP. Darussalam Keputih Surabaya, kepesantrenan dan Aswaja, renungan Malam dan Shalat hajat/Tahajjud.

Adapun  pemateri dalam acara OP3 ini adalah : Profil pesantren disampaikan oleh Ust. H. Agung Wahyudi, beliau mengenalkan semuah keluarga ndalem PP. Darussalam keputih, silsilah keluarga dan sejarah singkat tentang PP. Darussalam Keputih Surabaya. setelah itu Penyampaian tentang Sistem pendidikan dan kurikulum PP. Darussalam Keputih oleh Ust. M. Alfithrah Arufa (Bid. Pendidikan dan Pengajian) disini beliau memaparkan bahwa Ponpes Darussalam keputih mewajibkan santrinya untuk mengikuti pengajian dalam Program Madrasah Diniyah dengan pembagian 3 program yakni ; program Bahasa, Fiqih, dan Al-Qur'an/Tahfidz. santri akan diseleksi untuk masuk dalam program yang sesuai dengan kemampuan dasar yang dimilikinya. 

Usai Pemapran Kurikulum Peasantren, Ust. H. Haris Maulidi (Koor. Bid. Keamanan dan Ketertiban) menyampaikan tentang Aturan-aturan Pesantren terkait hak dan Kewajiban santri Darussalam selama Mondok di Ponpes Darussalam Keputih Surabaya, sangsi dan hukuman apa saja yang ada bagi yang melanggar aturan pesantren. Di sore harinya, usai shalat Asharsantri diajak menuju Maqbaroh (kuburan) pendiri Pesantren Darussalam Keputih Surabaya, mereka dikenalkan lokasi dan profil pendiri keluarga yang sudah wafat. tepatnya di Makam Islam Keputih di Gang Makam, dalam kegiatan Ziarah ini santri baru didampingi olelh beberapa Ustadz dan dipimpin Yasin dan Tahlil oleh Ust. Sukamto. 

Di Malam harinya, ba'da Isya kegiatan masih berlanjut dengan materi Kepesantrenan dan Aswaja yang disampaikan oleh Usth. Siti Musfiqah, disini santri diajarkan bagaimana menjadi santri yang siap berjuang dan belajar, siap hidup secara mandiri dan memiliki sikap kepedulian dan kerjasama dalam bingkai Ahlus sunnah Wal Jama'ah An-Nahdhiyyah. beberapa Game yang dibawakan oleh pemateri membuat santri makin inivatif dan antusias walaupun terasa capek semangatnya makin menigkat juga. satu setengah jam berlalu. materipun berakhir. dan masih ada sesi terakhir yang dilaksanakan menjelang larutnya malam. KH. Achmad Arsyad Arif mendampingi dan mengimami santri baru di Ruang Aula PPDS untuk istighasah, doa bersama shalat hajat. inilah akhir dari acara OP3. hingga larut malam demikian santri dikenakan kebiasaan-kebiasaan yang harus dibangun selama menjadi santri. [alf.ppds]




1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentarnya

Popular Posts